-->

Review Obat Pereda Nyeri Paling Ampuh : Xylocaine 2% Lignocaine Injection

Apa kegunaan obat xylocaine 2%, apa khasiat dan fungsinya, berapa harganya, dan dimana saya bisa mendapatkan obat tersebut ?, pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh ibu-ibu terutama yang mempunyai anak berusia kurang dari 10 Tahun.
Kegunaan xylocaine 2% itu sangat banyak kok bu, disini saya akan menjelaskan sedikit tentang kegunaan xylocaine%, khasiat dan fungsi xylocaine 2%, harga xylocaine 2%, dan dimana ibu-ibu semua bisa mendapatkan xilocaine 2%.

Deskripsi Produk
Xylocaine; atau sering juga disebut Lidocaine atau Lignocaine adalah obat yang banyak digunakan untuk membius (menurunkan sensitivitas sel terhadap rangsang) daerah tertentu pada tubuh. Xylocaine bekerja dengan menghambat penghantaran sinyal pada serabut syaraf.
Hal ini dicapai dengan memblokir pelepasan ion Natrium yang membawa pesan dari satu sel syaraf ke sel syaraf lainnya. Berbeda dengan obat bius lokal lainnya, efek Xylocaine dapat bertahan relatif lama (sekitar 20-30 menit). Xylocaine sering digunakan sebagai penahan rasa sakit. Aplikasi obat ini sangat luas dan sering digunakan pada cabang olahraga tertentu untuk menahan nyeri saat cedera, dan bisa digunakan untuk mengobati sakit nyeri pada kelamin karena mengalami sakit cacar air.

Anestesi luar dan pelicin saluran kemih pria dan wanita selama cytoscopy, kateterisasi, prosedur endouretral, endoskopi, proctoskopi, dan intubasi trakea.

Komposisi
Tiap Gram Xylocaine Jelly mengandung Xylocaine 20 mg.

Kontra Indikasi
Hipersensitivitas terhadap anestesi lokal golongan amida, metil paraben, propil paraben, atau PABA.

Efek Samping
Setiap obat pasti memiliki efek samping. Akan tetapi, efek samping yang dirasakan setiap orang bisa saja berbeda-beda. Adapun efek samping yang mungkin anda rasakan selama mengonsumsi obat ini adalah:
a. Tenggorokan kering
b. Reaksi alergi
c. Pusing dan sakit kepala
d. Kejang-kejang
e. Kehilangan kesadaran
f. Serangan jantung
g. Penurunan tekanan darah
h. Penurunan frekuensi denyut jantung
i. Penekanan pembuluh darah
Apabila anda merasakan efek yang tidak seharusnya; efek samping tidak kunjung membaik; atau justru memburuk, segera hentikan konsumsi obat ini dan konsultasikan pada dokter.

Dosis Dan Cara Mengkonsumsi
Xylocaine 2% adalah obat keras; konsumsi dan pembeliannya harus disertai resep dokter. Pembeliannya tidak dapat dilakukan diluar apotek dan toko obat terstandar. Adapun dosis yang lazim pada penggunaan Xylocaine 2% adalah:
Untuk anestesi permukaan saluran kemih
Pria: 10 mL
Wanita: 5-10 mL
Untuk endoskopi 10-20 mL; maksimal 400 mg
Untuk intubasi endotrakea 2 mL
Untuk proctoscopy dan rectoscopy 20 mL; maksimal 400 mg.

Interaksi Obat
a. Anestesi lokal lain, Tocainide: efek toksik meningkat
b. Beta Blocker, Cimetidine: pengeluaran terhambat

Harga
Untuk Harga Xylocaine 2% umumnya adalah Rp 85000

Keamanan Kehamilan
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Xylocaine 2% ke dalam kategori B dengan disertai penjelasan sebagai berikut:
Studi pada sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin, tetapi studi terkontrol terhadap wanita hamil belum pernah dilakukan. Atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping obat (selain penurunan fertilitas) yang tidak diperlihatkan pada studi terkontrol pada wanita hamil trimester I (dan tidak ada bukti mengenai resiko pada trimester berikutnya).”
Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat yang mengandung Xylocaine 2% selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Dari Uraian diatas, jika ibu-ibu masih belum faham, bisa menanyakan ke saya tentang Xylocaine 2%, di nomer Hp yang tertera di menu kontak ya !, 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel