-->

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Secara Alami Tanpa Harus Ke Dokter

Dr. Neris - Minggu kemarin, ada tetangga saya namanya Cak Anto, yang datang kerumah dan menanyakan pada saya. Mbak neris, bagaimana cara menyembuhkan sakit gigi yang saya alami ? saya tertawa dengan sedikit candaan, "cak Anto sudah umur 30 kok masih saja sakit gigi , hahaha".


Kemudian sayapun memeriksanya. Setelah saya periksa, gigi cak anto ternyata berlubang. Pantas saja, lubangnya sudah besar, jadi tak heran jika rasa sakit yang di alaminya membuatnya menderita. Kata pepatah lebih baik sakit hati, dari pada sakit gigi. Itu memang benar, pasalnya jika kalian pernah merasakan sakit gigi, terutama gigi berlubang, maka kalian seolah-olah ingin marah-marah saja kan ? Tensinya lebih tinggi dari pada wanita yang PMS, katanya !!.

Pada artikel kali ini saya akan membagikan bagaimana sih cara menyembuhkan sakit gigi secara alami, sehingga kalian tak perlu lagi repot-repot ke dokter. Cara inipun sama seperti yang saya berikan ke cak anto, dan Alhamdulillah dengan rutin, selama 2 hari saja, cak anto sudah  bisa tersenyum, dan tidak banyak mengeluh lagi.

Sebelum saya memberikan tips cara menyembuhkan gigi secara alami, kalian harus tahu dulu. Apa saja yang bisa menyebabkan kalian mengalami sakit gigi, karena selain gigi berlubang, masih banyak penyebab gigi terasa cenat-cenut dan menganggu aktivitas sehari-hari.

Penyebab Sakit Gigi
Berbeda penyebab sakit gigi, beda pula obat yang harus diminum untuk menyembuhkanya, untuk itu kalian harus benar-benar tahu betul, apa penyebab sakit gigi yang sekarang sedang kalian alami.

1. Gigi Sensitif



Penyebab pertama adalah gigi sensitif, jika kalian sekarang sedang mengalami sakit gigi, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah, kalian mempunyai gigi yang lebih sensitif. Pemilik gigi sensitif, biasanya akan mengami ngilu jika makan dan minum yang panas atau dingin. ciri-ciri gigi sensitif adalah resesi gusi atau garis gusi surut yang mengakibatkan permukaan akar gigi menjadi terbuka, atau penipisan enamel gigi. Selain itu, ciri gigi sensitif adalah kalian pernah melakukan perawatan gigi seperti pengangkatan gigi busuk, pemasangan kawat gigi, dan menggunakan gigi palsu.

2. Penyakit Gusi



Selain gigi berlubang, yang paling rentan terkena sakit gigi adalah orang yang memiliki penyakit gusi. Penyakit gusi terjadi karena adanya penumpukan plak gigi (karang gigi) disekitas gusi. Dengan begitu gusi akan mengalami peradangan yang mana peradangkan juga disebabkan oleh bakteri dalam karang gigi. Sehingga gusi akan membengkak, merah, sampai berdarah. Rasa nyeri yang luar biasa akan kalian alami, dan jika kondisi tersebut terus berlanjut, maka kalian bisa mengalami penyakit gingvitis. Jika sudah terkena penyakit tersebut, kalian akan lebih sering mengalami sakit gigi di bagian gusi berulang-ulang kali

3. Tumbuh Gigi Bungsu



Tumbuhnya gigi bungsu membuat gigi akan terasa sakit, biasanya gigi bungsu tumbuh di tempat dan dengan posisi yang tidak diinginkan, Orang jawa menyebutnya Gingsul. Nyeri pada gigi ini, hanya terasa saat gigi sedang tumbuh, jika gigi sudah tumbuh maka sakit atau nyeri pada gigi akan kemudian hilang.

4. Gigi Busuk



Nyeri pada gigi salah satunya juga disebabkan karena gigi busuk. Rongga kecil pada lapisan terluar gigi biasanya tidak menimbulkan rasa sakiy, tapi begitu pembusukan menembus melalui email gigi dan mempengaruhi lapisan bagian dalam gigi, gigi akan menjadi sangat sensitif. Jika dibiarkan, kondisi ini kemudian mengarah pada pembentukan lubang gigi.
Untuk pembusukan gigi stadium lanjut, pembusukan berlangsung lebih detail lagi, hingga menuju ke lapisan gigi yang paling dalam, yang mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa. Infeksi dari pembusukan gigi ini dapat menyebabkan kematian gigi dan menyebabkan penggumpalan nana di bawah akar gigi. Infeksi ini dapat menyebar dan menyebabkan kerusakan gigi yang lebih para dari senelumnya serta akan mengalami sakit yang luar biasa pada gusi. 

5. Terbiasa Menggeretakan Gigi



Saya kira, kalian pernah menjumpai orang yang suka sekali menggertakan gigi, atau jangan-jangan itu kalian ?, menggeretakan gigi adalah kebiasaan yang buruk, kakak saya punya kebiasaan itu, namun alhamdulillah sekarang sudah berhenti, sejak gigi rahangnya pecah akibat sering menggertakan gigi. Jika tidak begitu, mungkin kakak masih sering melakukanya.
Menggertakan gigi menyebabkan sakit tumpul dibelakang kepala, selain itu menggeretakan gigi juga berpotensi membuat gigi pecah (gumpil), seperti yang dialami kakak saya. 

6. Gigi Retak



Apakah kalian pernah mengalami sakit gigi yang luar biasa, namun tidak tahu penyebabnya ?, mungkin kalian sudah mengecek gigi dan gusi kalian, dan ternyata gusi dan gigi kalian dalam keadaan baik-baik saja. Bisa saja penyebabnya adalah gigi retak. Keretakan gigi mungkin terjadi karena kebiasaan mengunyah yang buruk, cedera gigi, melemahnya gigi karena tambalan besar, serta kebiasaan menggeretakan gigi. Ketika retaknya sudah parah, saraf yang terkena,akan menimbulkan rasa ngilu yang menyakitkan seperti gigi sensitif. Retakan gigi dapat menjadi alternatif tempat bakteri berkumpul, sehingga menciptakan infeksi yang menyebabkan kerusakan dan masalah gigi berlanjut.

7. Tambalan Gigi Lepas



Ketika tambalan gigi mulai longgar atau berada di dekat are pembusukan gigi baru, tambalan dapat patah, lepas, atau menjadi aus. Kalian akan mengalami sakit gigi yang luar biasa saat menggingit area tersebut. Kalian juga akan menemukan rasa sakit seperti gigi sensitif pada area tersebut.

8. Penyebab Lain



Penyebab lain dari sakit gigi, bisa dari mana saja, seperti trauma, gigi patah kemudian infeksi, yang jelas, dan juga sinutisis.
Sinutisis adalah infeksi dan pembengkakan pada sinus akibat adanya penyumbatan di dalamya. Gejala sinusitis dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung hanya dalam jangka waktu yang pendek, (biasanya 4 minggu), dan hal itu biasanya disebut sinutisis akut.

Dari Penyebab-penyebab sakit gigi yang telah saya sebutkan, terdapat cara untuk mengobati dan menyembuhkanya. Hal terbaik yang harus kalian lakukan ketika kalian mengalami sakit gigi yang disebabkan oleh gigi berlubang, adalah pergi ke dokter untuk melakukan cabut gigi.
Jika penyebab sakit gigi yang kalian alami bukan gigi berlubang, atau jika penyebab sakit gigi kalian adalah gigi berlubang, namun kalian tidak mau untuk melakukan cabut gigi karena alasan penampilan, maka kalian cukup melakukan beberapa tips cara menyembuhkan dan mengobati sakit gigi secara alami yang akan saya bagikan berdasarkan beberapa artikel yang saya baca dan pengalaman menyembuhkan orang-orang, termasuk cak anto.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Secara Alami Tanpa Harus Pergi Ke Dokter

1. Menetesi Gigi Dengan Minyak Cengkeh



Minyak cengkeh merupakan salah satu obat alami ampuh untuk mengobati sakit gigi. Obat yang termasuk dalam kategori obat tradisional ini mengandung senyawa euganol, yang mana bisa berfungsi untuk mematikan saraf, dan berperan sebagai anestesi alami.
Jika kalian menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati sakit gigi, takaran yang pas yang saya anjurkan adalah tidak lebih dari 2 tetes sebanyak 2 kali sehari. Karena minyak cengkeh juga bisa berpotensi membuat gigi atau gusi kalian sakit tambah parah jika dalam terkena pada bagian yang sensitif.
Cara Penggunaan :
a. Teteskan 2 tetes minyak cengkah pada bola kapas
b. Tempelkan pada gigi yang terasa sakit
c. Tunggu hingga rasa sakit berkurang
d. Dalam pengalaman saya, saya menggunakan minyak cengkeh untuk menyembuhkan sakit gigi pasien saya, dan membutuhkan waktu 15 menit saja.

2. Mengunyah Daun Jambu



Untuk menyembuhkan sakit gigi, terutama gigi berlubang, mengunyah 2-3 lembar daun jambu ternyata sangat efektif untuk meredakan nyeri pada gigi. Hal itu bisa terjadi, mengingat daun jambu mempunyai kandungan sifat anti radang, analgesik, dan antimikrobial.
Cara Penggunaan :
a. Kunya 2-3 daun jambu (usahakan daun jambu merah) hingga keluar ekstraknya
b. Jika ekstrak sudah keluar, oleskan ekstrak dengan menggunakan lidah kalian pada bagian gigi yang bermasalah
c. Lakukan secara rutin, hingga gigi anda sudah tidak lagi merasa nyeri.

3. Berkumur Dengan Air Garam



Berkumur dengan air garam mungkin adalah saran yang paling sering kalian dengar tentang cara menyembuhkan sakit gigi, entah itu dari orang tua, tetangga atau teman. Saya pun tidak bisa untuk menyalahkan, karena memang benar, senyawa dalam garam memang bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi atau lebih khususnya sakit gigi yang disebabkan oleh gusi.
Jika gusi kalian bengkak, air garam adalah solusi terbaik, karena nantinya larutan air garam akan bekerja untuk mengempeskan bagian gusi yang mengalami pembengkakan.
Cara Penggunaan :
a. Siapkan 1 sdm garam dan air secukupnya
b. aduk hingga garam bercampur dengan air secara menyeluruh
c. Gunakan air garam tersebut untuk berkumur selama 2-3 kali.
d. Lakukan cara tersebut secara rutin (biasanya 2 kali waktu, gusi sudah mengepes, dan sakit gigi sudah tidak terasa lagi)

4. Mengunyah Bawang Merah



Bawang merah adalah obat sakit gigi alami yang sudah terbukti. Bawang merah mengandung sifat antiseptik dan antimikrobial yang bisa mengendalikan rasa nyeri dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi.
Cara Penggunaan :
a. Potong bawah merah menjadi beberapa bagian (untuk mempercepat proses kunyah)
b. Kunyah bawang merah selama beberapa menit di sisi mulut yang terdapat gigi bermasalah.
c. Kumur dengan air.
d. Lakukan cara tersebut sampai gigi benar-benar sembuh.

5. Kompres Dengan Es Batu



Cara menyembuhkan sakit gigi secara alami tanpa harus kedokter selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Kita semua tahu, bahwa dingin bisa membunuh bakteri dan meredahkan nyeri, untuk itu, jika kalian ingin menghilangkan rasa nyeri pada gigi, kalian harus coba cara yang satu ini.
Cara Penggunaan :
a. Ambil es batu balok kecil
b. Bungkus dengan plastik dan lapisi dengan kain tipis
c. Tempelkan pada bagian gigi yang terasa nyeri
d. Cara ini terbukti ampuh untuk meredahkan rasa sakit tersebut, sehingga kalian bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

6. Mengoles Dengan Belimbing Wulu



Belimbing wulu mempunyai rasa asam yang berfungsi untuk membunuh bakteri. Cara menyembuhkan sakit gigi dengan mengoleskan belimbing wulu tentu saja sangat efektif untuk membasmi bakteri yang ada pada mulut.
Cara Penggunaan :
a. Tumbuk belimbing wulu hingga benar-benar halus.
b. Oleskan pada gigi yang sakit
c. Kumur dengan air bersih
d. Karena bertujuan untuk membunu bakteri, maka lakukan cara ini secara rutin 2x sehari, sampai rasa sakit pada gigi hilang.

7. Mengunyah Daun Sirih



Daun sirih merupakan obat atau ramuan tradisional yang sudah digunakan pada zaman dulu. Jika kalian punya nenek yang giginya masih bagus meskipun umurnya sudah 80 an, coba perhatikan, pasti nenek kalian sering mengunyah daun sirih hingga mulutnya berwarna merah. Hal tersebut karena daun sirih mempunyai kandungan yang mampu membuat gigi lebih kuat dan terjaga. Pengobatan menggunakan daun sirih ini disaranyakan untuk kalian yang mengalami sakit gigi yang disebabkan gigi retak.
Cara Penggunaan :
a. Siapkan beberapa daun sirih segar
b. Kunyah daun siri dengan gigi yang sakit
c. Tunggu sampai mulut kalian memerah (efek mengunyah daun sirih)
d. Cara ini bisa dilakukan setiap hari

8. Mengoleskan Dengan Asam Jawa



Sama seperti belimbing wulu, asam jawa memiliki kandungan vitamin c untuk membunuh bakteri karena memiliki sifat antiseptik alami.
Cara Penggunaan :
a. Siapkan beberapa asam jawa
b. Sangrai biji asam jawa
c. Tempelkan paada bagian gigi yang terasa sakit
d. Cara ini juga bisa dilakukan setiap hari, selain bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi, asam jawa juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan.

9. Berkumur Dengan Air Kelapa



Kelapa adalah buah ajaib, selain buahnya, semua bagian dari kelapa mempunyai manfaat yang luar biasa, tak hanya itu, ternyata air kelapa juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Selain rasanya yang enak, dan banyak manfaat untuk tubuh, air kelapa juga menganduk antiseptic alami yang berfungi untuk membunuh bakteri pada mulut, Air kelapa bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi yang disebabkan oleh gigi berlubang, gusi bengkak, dan penyebab-penyebab lainya.
Cara Penggunaan :
1. Siapkan air kelapa dalam gelas
2. Gunakan untuk kumur setiap pagi sesudah menggosok gigi
3. Fokuskan berkumur pada gigi yang terasa sakit.

10. Berkumur Dengan Air Perasan Jahe



Jahe memiliki kandungan aktibakteri yang berfungsi untuk membasmi bakteri dalam mulu. Jahe adalah rempah yang selain bisa menyembuhkan sakit gigi, juga bisa meredahkan sakit kepala.
Cara Penggunaan :
a. Siapkan 1 atau 2 jahe
b. Parut jahe tersebut
c. Peras dengan air
d. Gunakan air hasil perasan tersebut untuk berkumur.

11. Berkumur Dengan Air Perasan Serai

Serai bisa digunakan untuk menyembuhkan dan mengobati sakit gigi secara alami. Serai memiliki sifat penghangat, sehingga berkumur dengan air perasan serai sangat efektif untuk kalian yang mengalami sakit gigi akibat gusi bengkak.
Cara Penggunaan :
a. Siapkan 2 tangkai serai
b. Siapkan segelas air
c. Rebus dua tangakai serai tersebut dengan segelas air
d. Biarkan hingga airnya benar-benar berkurang dan menjadi kental
e. Gunakan air tersebut untuk berkumur
f. Ulangi cara itu sampai gigi tidak terasa sakit
g. Berkumur dengan air perasan serai bisa dilakukan sebelum tidur.

12. Mengoles Gigi Dengan Pasta Merica



Merica berguna sebagai cara mengobati sakit gigi alternatif, karena merica sangat mudah ditemui. Merica juga mengandung antibakteri, anti inflamsi, dan analgesik properti.
Cara Penggunaan :
a. Siapkan2 sdm merica
b. Siapkan 1 sdm garam
c. Campur merica dengan garam.
d. Tuangkan sedikit air
e. Aduk hingga merata sampai berbentuk pasta
f. Oleskan pada gigi yang sakit.

13. Mengunyah Bawang Putih



Mengunyah bawang putih, selain bisa menghilangkan bauh mulut, ternyata juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Hal itu karena bawang putih mengandung antibakteri yang lebih hebat dari bawang merah.
Cara Penggunaan :
a. Potong bawah putih 2 siung menjadi beberapa bagian (untuk mempercepat proses kunyah)
b. Kunyah bawang putih selama beberapa menit di sisi mulut yang terdapat gigi bermasalah.
c. Kumur dengan air.
d. Lakukan cara tersebut sampai gigi benar-benar sembuh.

14. Berkumur Dengan Lemon

Lemon memiliki rasa asam yang berfungsi sebagai alkali alami agar kadar PH dalam mulut seimbang, selain itu, lemon juga memiliki kandungan antibakteri yang mampu menyembuhkan sakit gigi akibat gigi berlubang.
Cara Penggunaan :
a. Peras 1 buah lemon
b. Masukan dalam 1 gelas air
c. Gunakan untuk berkumur
d. Lakukan cara tersebut 2x sehari  sampai gigi benar-benar sembuh

15. Berkumur Dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai fungsi yang sama. Jeruk nipis bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menyembuhkan gigi pengganti lemon, jika lemon sulit untuk ditemukan.
Cara Penggunaan :
a. Peras 2 buah jeruk nipis
b. Masukan dalam 1 gelas air
c. Gunakan untuk berkumur
d. Lakukan cara tersebut 2x sehari  sampai gigi benar-benar sembuh
Selain bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mencerah kan kulit wajah.

Baca : 25 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Dengan Cepat Dalam Beberapa Hari

16. Meneteskan Getah Jarak



Cara menyembuhkan sakit gigi yang paling ekstrim adalah dengan meneteskan getah jarak, getah jarak mampu untuk meredahkan nyeri pada gigi berlubang, cara ini adalah cara yang saya gunakan kepada Cak Anto, dan terbukti ampuh. jadi kalian yang punya gigi berlubang, yang paling saya sarankan adalah dengan meneteskan getah jarak
Cara Penggunaan :
a. Siapkan getah jaruk
b. Taruh pada tempat seperti obat mata (saya menggunaakan bekas tempat insto yang telah saya cuci bersih dan sudah saya sterilkan)
c. Teteskan pada gigi yang sakit ( 1 atau 2 tetes saja sudah cukup)
d. Tunggu sampai sakit gigi hilang
e. Jika dalam 6 jam gigi masih sakit, teteskan kembali, tunggu 6 jam lagi.
f. Lakukan cara tersebut sampai benar-benar sembuh.

Itulah beberapa cara untuk mengobati dan menyembuhkan sakit gigi secara alami, jadi jika kalian sedang sakit gigi, dan malas untuk pergi ke dokter, kalian bisa coba cara-cara yang sudah saya sampaikan diatas. Dari 16 cara menyembuhkan sakit gigi secara alami dari beberpa penyebab sakit gigi, saya sudah membuktikan sekitar ada 11 cara. Tetapi setelah saya riset dan melakukan pendalaman observasi, saya memilih untuk membagikan 16 cara mengobati dan menyembuhkan sakit gigi secara alami.

Terimakasih sudah berkunjung, dan semoga masalah kalian sudah terpecahkan. Jika ada pertanyaan  mengenai cara menyembuhkan sakit gigi yang lebih lanjut, silahkan hubungi saya di email atau nomor hp yang ada di contact.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel